Friday, July 17, 2009

Perjuangan Muallaf 1

Assalamualaikum Wr Wb


Bismillahirrohmaani rrohiim


Alhamdulillah, Segala puji bagi Alloh yang telah menunjuki kita kepada Agama Islam ini. Dan sekali-kali tidak akan mendapat petunjuk kalau Allah tidak memberi kita petunjuk, dan kami bersaksi sesungguhnya tidak ada Tuhan selain Alloh dan kami bersaksi bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad SAW adalah utusan Alloh.


Saat ini usia saya lambat tapi pasti mulai memasuki dan menunjuk ke angka 50 tahun, diusia yang mulai setengah abad sudah banyak kekurangan dan kekurangan yang saya alami, kekurangan yang paling nyata yang saya alami adalah berkurangnya nikmat penglihatan.


Yang biasa dan merupakan hadiah salah seorang yang sangat bijak, baik dan simpatisan terhadap pengalaman dan kegigihan saya dalam mempelajari Islam, beliau adalah H. Mamat penduduk asli Cempaka Putih Jakarta Pusat ( dari Suku Betawi), beliau menghadiyahkan Al-Qur'an dan Tarjamahnya, ketika saya masih berusia 30 Th, dimana ketika itu mata masih normal.


Kemarin hari ahad tanggal 28 Juni 2009, kelompok 6 Miss call (saling membangunkan untuk shalat tahajjud bersama dikediaman masing masing) http://www.tahajjud call.org, http://groups. yahoo.com/ group/tahajjud_ call/ dibawah pimpinan Mas Sutarmin yang bertempat tinggal di Ragunan Jakarta Selatan, yang beranggotakan Pak Imam Purwanto dari Cimanggis Depok, Mas Adit dari Perumnas kelender jakarta timur, mas Firman Adiyatma dari Sunter Agung jakarta Utara, Mas Agus dari Cilegon, dan mas Endang dari Merak Jawa Barat, serta yang tidak dapat hadir di kantor saya Biro Personel Polda Metro jaya Jl. Jenderal Sudirman No. 55 Jakarta Selatan hanya Mas Lilik Supadyono, yang kebetulan beliau saat ini berada di Kalimantan.


Mereka mengajak saya dan berjalan bersama sama kami menuju ke Pameran Buku yang saat ini sudah digelar di Istora Senayan Jakarta Selatan, dalam kesempatan ini saya pergunakan untuk membeli Al-Qur'an Tarjamah Standar Depag RI ukuran besar, dan Alhamdulillah saya dapat menjawab pertanyaan dan sedikit menjabarkan pertanyaan tersebut dibawah ini, dengan mudah karena saya tidak tergantung dengan kaca mata lagi hehehehe.


Salah satu pertanyaan sekaligus penambah keteguhan dan nasehat akan kekuatan iman Islam yang dikirim melalui email saya (mkaruk@yahoo. com), pertanyaan, nasehat, dan motifasi kekuatan dan keteguhan iman islam serta ajakan meneguhkan ikatan silaturahim bagi saya, tersebut dapat saya uraikan diantaranya berbunyi :


- Sebenarnya saya juga memiliki kesamaan seperti pak muji, sama2 ingin berubah ingin menjadi orang yang baik dan berkualitas.


QS. Ar-Ruum (30) : 30. “Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama (Allah); (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui”


QS. Al-Baqarah (2) : 21. “Hai manusia, sembahlah Tuhanmu Yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertakwa.”


QS. Al-Maidah (5) : 35. “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah pada jalan-Nya, supaya kamu mendapat keberuntungan”.


QS. Ar-Ra'd (13) : 22. “Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik),”


Berdasarkan ayat tersebut diatas bahwa Alloh SWT, mengabarkan kepada seluruh manusia, tanpa terkecuali, bahwasanya manusia dilahirkan dimuka bumi ini sudah dalam keadaan beragama Islam, dan diperintahkan baik bergaul berinteraksi dan sujud menyembah Alloh dengan cara berjamaah, hanya manusia itulah yang melawan Alloh dan keluar dari Islam serta menggiring dirinya menuju jalan yang dimurkai Alloh SWT, sebagai mana firman Alloh,


QS.Az-Zumar (39) : 3. “Ingatlah, hanya kepunyaan Allah-lah agama yang bersih (dari syirik). Dan orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah (berkata): "Kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya" . Sesungguhnya Allah akan memutuskan di antara mereka tentang apa yang mereka berselisih padanya. Sesungguhnya Allah tidak menunjuki orang-orang yang pendusta dan sangat ingkar”.


QS. An-Nahl (16):33. “Tidak ada yang ditunggu-tunggu orang kafir selain dari datangnya para malaikat kepada mereka atau datangnya perintah Tuhanmu. Demikianlah yang telah diperbuat oleh orang-orang (kafir) sebelum mereka. Dan Allah tidak menganiaya mereka, akan tetapi merekalah yang selalu menganiaya diri mereka sendiri.


QS. Al-Baqarah (2) : 165. “Dan di antara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman sangat cinta kepada Allah. Dan jika seandainya orang-orang yang berbuat lalim itu mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya dan bahwa Allah amat berat siksaan-Nya (niscaya mereka menyesal)”.


QS. Al-Baqar5ah (2) : 159. “Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah Kami turunkan berupa keterangan-keterang an (yang jelas) dan petunjuk, setelah Kami menerangkannya kepada manusia dalam Al Kitab, mereka itu dilaknati Allah dan dilaknati (pula) oleh semua (makhluk) yang dapat melaknati,”


Jadi jelaslah bahwa Alloh SWT tidak pernah menganiaya manusia, melainkan manusia itulah yang menganiaya diri mereka sendiri, dan Alloh tidak pernah memerintahkan menyembah selain Alloh melainkan manusia tersebut lah yang telah menyembah tandingan tandingan selain Alloh, mereka akan dilaknat Alloh dan seluruh ciptaannya.


- Selama ini saya merindukan bisa kumpul dg orang2 yang baik. Rindu ingin bisa shalat jamaah dimasjid lima waktu. Ingin bisa jadi pengusaha muslim, dan berharap bisa memberikan manfaat bg orang lain.


Kita seluruh kaum Muslimin memang diperintahkan sebagai mana yang saudara rindu itu, itu sangat baik sekali dan memang harus saudara lakukan dan mari kita lakukan untuk Shalat selalu berjamaah, kita ajak keluarga kita agar selalu shalat jamaah sebagai mana perintah Alloh sebagai mana perintah Alloh SWT dalam Al-Qur'an :


QS. Al-Baqarah (2) : 43. “Dan dirikanlah salat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk.”


QS. Al-Imran (3) : 110. “Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.”


QS. Al-Baqarah (2) : 143. “Dan demikian (pula) Kami telah menjadikan kamu (umat Islam), umat yang adil dan pilihan agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu. Dan Kami tidak menetapkan kiblat yang menjadi kiblatmu (sekarang) melainkan agar Kami mengetahui (supaya nyata) siapa yang mengikuti Rasul dan siapa yang membelot. Dan sungguh (pemindahan kiblat) itu terasa amat berat, kecuali bagi orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah; dan Allah tidak akan menyia-nyiakan imanmu. Sesungguhnya Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada manusia.”


Untuk angan angan saudara menjadi pengusaha Muslim, Insya Alloh akan saya jabarkan setelah ini.


- Terutama bagi orang fakir miskin dan anak yatim. Sebenarnya kata hati saya menganjurkan agar saya harus merantau dari kota saya, saat ini kota pilihan saya adalah bandung atau jakarta.


QS. Al-Baqarah (2) : 220. “tentang dunia dan akhirat. Dan mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakanlah: "Mengurus urusan mereka secara patut adalah baik, dan jika kamu menggauli mereka, maka mereka adalah saudaramu dan Allah mengetahui siapa yang membuat kerusakan dari yang mengadakan perbaikan. Dan jika Allah menghendaki, niscaya Dia dapat mendatangkan kesulitan kepadamu. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana”.


QS.Al-Jum'ah (62) : 10. “Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.”


QS. An-Nisa (4) : 100. “Barang siapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rezeki yang banyak. Barang siapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh telah tetap pahalanya di sisi Allah. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.


Dimanapun bumi Alloh kita pijak disitulah kita harus berusaha untuk menjujnjung langit, artinya dimanapun kita berada kita harus berdaptasi dengan lingkungan dan bergaul dengan masyarakat disekeliling kita, agar kita dapat diterima kita harus mempelajari bahasa pergaulan sehari hari mereka, kita harus mempelajari adat istiadat mereka dan kita juga harus berusaha mengenalkan diri, tidak menyombongkan diri dan tidak mengurung dan tidak serta jangan merasa paling hebat, paling benar dan paling sukses, ingatlah diatas guru masih ada Dosen, diatas langit masih ada langit.


- Saya cuma menyakini bahwa keinginan saya tersebut bisa terwujud suatu hari nanti. Tapi untuk sekarang saya masih bingung harus kemana? Saya nggak tahu harus kemana jika saya mesti pergi kebandung atau kejakarta?


QS.Al-Baqarah (2):286. “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdo`a): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir".


Aamiin Yarobbal Alamiin, karena saya hanya hamba Alloh yang doif dan lemah, maka saya tidak dapat menganjurkan kepada saudara hijrah ke Bandung apa hijrah kejakarta, yang jelas sesuai perintah Alloh bila ingin hijrah, berhijrahlah saudara kepada yang mengajak saudara kepada Iman dan Taqwa , sesuai firman Alloh dalam :


QS. Al-Qashash (28) : 55. “Dan apabila mereka mendengar perkataan yang tidak bermanfaat, mereka berpaling daripadanya dan mereka berkata: "Bagi kami amal-amal kami dan bagimu amal-amalmu, kesejahteraan atas dirimu, kami tidak ingin bergaul dengan orang-orang jahil".

QS. Al-Maidah (5) : 90. “Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.”


QS. At-Taubah (9) : 20. Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta benda dan diri mereka, adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; dan itulah orang-orang yang mendapat kemenangan.


QS.An-Nahl (16) : 41. “Dan orang-orang yang berhijrah karena Allah sesudah mereka dianiaya, pasti Kami akan memberikan tempat yang bagus kepada mereka di dunia. Dan sesungguhnya pahala di akhirat adalah lebih besar, kalau mereka mengetahui”


Saran dan anjuran dari ayat ayat tersebut diatas memerintahkan kepada kita semua agar hijrah kepada taqwa bergaul dan bersama sama dengan orang orang yang taqwa kepada Alloh SWT, ya kira kira kita hijrah di salah satu daerah yang penduduknya kaum muslimin yang taqwa dan mengajak serta saling mengingatkan untuk taqwa atau kata globalnya “ AMAR MA'RUF NAHI MUNGKAR”


Mohon maaf bukan saya ngajari saudara, tapi dan saya sangat yakin dimilis ini masih banyak yang lebih hebat dan lebih pandai dari saya, tapi saya sadar betul bahwa tidak semua tanah bisa dibajak dengan traktor ada juga yang harus dibajak dengan cangkul, nah.... anggaplah bahwa saya sebahagian tukang bajak tanah yang baru bisa membajak dengan cangkul tersebut.


Terimakasih semoga bermanfaat untuk kita semua



Wassalam



Mujiarto Karuk

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home